Taman Rusak Berat

Taman di sepanjang Jalan Malioboro hingga Ahmad Yani dan Titik Nol Kilometer Yogyakarta rusak akibat diinjak-injak masyarakat yang menyaksikan gelaran Jogja Java Carnival (JJC) 2009, Sabtu (17/10) malam.

“Taman sepanjang Malioboro memang mengalami kerusakan akibat massa yang begitu banyak sehingga menginjak-injak taman untuk menyaksikan Jogja Java Carnival semalam,” kata Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Malioboro Purwanto di Yogyakarta, Minggu.

Menurut dia, pihaknya juga tidak bisa menyalahkan antusiasme masyarakat yang ingin menyaksikan karnaval tersebut sehingga mereka naik ke taman yang berada di sepanjang jalan untuk mendapatkan tempat strategis demi menyaksikan karnaval.

“Kami secepatnya berkoordinasi sekaligus mendesak Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Yogyakarta yang menangani taman di sepanjang Malioboro untuk segera memperbaikinya,” lanjutnya.

Masalah sampah yang berserakan di sepanjang jalan, kata Purwanto, sudah langsung ditangani oleh petugas kebersihan setelah karnaval tersebut selesai.

“Begitu pula penanganan taman keindahan di sepanjang Malioboro dapat dilakukan secepatnya. Kami berharap mulai Senin (19/10), taman di sepanjang jalan sudah bisa diperbaiki,” katanya.

Ia menyatakan, tidak semua tanaman hias di taman sepanjang Jalan Malioboro mati terinjak-injak penonton sehingga BLH tidak perlu mengganti semua tanaman yang ada, tetapi dapat memilah tanaman yang masih baik untuk ditanam kembali.

Menurut dia, UPT Malioboro belum dapat melakukan perbaikan taman pada 2009 meski di dalam lembaga tersebut terdapat perwakilan  BLH.

“Saat ini, kami masih dalam tahap transfer kewenangan sehingga anggarannya masih ada di BLH, tetapi pada 2010, kami sudah bisa menanganinya sendiri karena punya anggaran,” katanya.

Pada tahun sebelumnya, kerusakan taman di sepanjang Malioboro juga terjadi seusai gelaran Jogja Java Carnival 2008, dan BLH yang masih bernama Dinas Lingkungan Hidup dapat memperbaikinya dalam waktu sekitar dua hari.

Pada gelaran Jogja Java Carnival 2009 yang dimulai dari Taman Parkir Abu Bakar Ali menuju ke Alun-Alun Utara, ribuan masyarakat memadati jalan sepanjang sekitar 1.300 meter tersebut demi bisa menikmati acara tahunan yang digelar untuk memperingati hari ulang tahun ke-253 Kota Yogyakarta.

http://www.menkokesra.go.id

%d blogger menyukai ini: