Mudah dan Murah Membuat Teater Boneka di Rumah

Teman-teman, ternyata membuat teater boneka itu mudah. Kalian bisa membuatnya sendiri di rumah dan bisa memanfaatkan bahan-bahan yang ada di rumah. Ingin tahu caranya, berikut adalah beberapa tips mudah dan murah untuk membuatnya:

  • Panggung, bisa dibuat dari dus bekas yang dibungkus dengan kertas kado atau dengan kertas lain (bisa juga dengan kertas berwarna yang polos lalu diberi gambar).
  • Latar (Background), bisa dibuat dengan cara menggambar (rumah, hutan dsb) di kertas gambar yang ukurannya lebih besar dari panggung atau membuat gambar di kertas lalu ditempelkan di sebuah kain yang polos. Jika tidak bisa menggambar, bisa juga hanya menggunakan kain polos berwarna atau kertas berwarna (misal: warna hijau untuk hutan dan padang rumput, hitam untuk gua).
  • Boneka, jika tidak punya boneka tangan maka boneka bisa dibuat dari berbagai bahan yang ada di rumah (misal kertas, sendok kayu, gelas plastik berwarna, kaos kaki dll).
  • Cerita, bisa dikarang sendiri atau mencari dari buku cerita atau mendownload dari Skrip TeBoRaRa.
  • Efek suara (Musik). Akan lebih menyenangkan jika terdapat efek suara atau musik di pertunjukkan teater boneka. Kita bisa menggunakan alat musik, atau dari CD/Komputer, tapi selain itu kita juga bisa menggunakan benda-benda atau alat-alat yang ada di rumah (misal panci dan sendok, tutup panci dll).
  • Dekorasi lain. Untuk dekorasi lainnya (misal pagar, atau sapu) bisa dibuat dari kertas atau bahan-bahan lain yang ada di rumah.

Selamat mencoba!

Sumber: http://teborara.edublogs.org/

%d blogger menyukai ini: